2013-02-27

Rangkaian Orde 1

 Pendahuluan
Sekarang kita telah memikirkan 3 elemen pasif (resistor, kapasitor, dan induktor) dan satu elemen aktif (Op Amp) secara individual, kita bersiap untuk memandang/memikirkan rangkaian yang berisikan bermacam-macam variasi dari dua atau tiga elemen pasif. Pada BAB ini, kita akan menyelidiki dua tipe rangkaian sederhana: rangkaian yang terdiri dari resistor dan kapasitor dan sebuah rangkaian yang terdiri resistor dan induktor. Hal ini masing-masing disebut rangkaian RC dan RL. Pada rangkaian yang sederhana ini, akan dicari kekontinuan dari aplikasi dalam elektronik, komunikasi, dan sistem kontrol, sebagaimana yang telah kita lihat.
                        Kita melakukan analisis rangkaian RC dan rangkaian RL dengan mengaplikasikan hukum Kirchoff, seperti kita melakukan pada rangkaian yang bersifat resistif. Perbedaannya hanya terdapat pada aplikasi hukum Kirchoff yang semata-mata untuk hasil rangkaian resistif dalam persamaan aljabar. Persamaan diferensial dihasilkan dari analisis rangkaian RC dan RL pada orde pertama. Oleh karena itu, rangkaian ini dikelompokkan sebagai rangkaian orde pertama.

Rangkaian orde pertama memiliki ciri persamaan diferensial orde 1.

                        Dalam penambahannya menjadi dua tipe dari rangkaian orde pertama (RC dan RL), terdapat dua cara untuk merangsang rangkaian. Cara pertama adalah dengan kodisi pertama dari penyimpanan elemen dalam rangkaian. Pada hal ini juga sering disebut rangkaian sumber bebas, kita mengasumsikan bahwa energi awal tersimpan dalam elemen kapasitif atau induktif. Energi yang disebabkan arus yang mengalir pada rangkaian dan perlahan-lahan dihilangkan dalam resistor. Meskipun rangkaian bebas sumber didefinisikan sebagai sumber yang independen atau berdiri sendiri, kemungkinan juga sebagai sumber yang dependen. Cara yang kedua dalam merangsang rangkaian orde pertama adalah dengan sumber independen. Pada BAB ini, sumber independen yang kita amati adalah sumber DC. (pada BAB selanjutnya, kita akan menganalisis sumber sinusoidal dan eksponensial.) dua tipe rangkaian orde pertama dan dua cara dalam merangsangnya ditambahkan menurut empat situasi yang akan kita pelajari pada BAB ini.
                        Pada akhirnya, kita akan memikirkan empat tipe aplikasi dari rangkaian RC dan RL: keterlambatan dan pendahuluan rangkaian, unit photoflash, dan rangkaian penyalaan automobile.



No comments:

Post a Comment